Tips Menulis Novel

Seorang penulis novel memiliki tips menulis novel khusus untuk melancarkan karyanya. Penulis dituntut untuk menggunakan inovasi kata agar karyanya lebih menarik. Tidak hanya kata saja, judul hingga alur cerita pun menjadi sorotan utama hingga novel ini memiliki banyak pembaca.

Apa Saja Tips Menulis Novel?

Sebagai seorang pemula, sangat perlu mengetahui tips menulis novel agar tulisan menarik banyak peminat. Keluhan pertama yang dialami yakni bingung untuk memulai alur cerita. Untuk itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak merasa kesulitan:

1. Pilih Genre yang Anda Suka

Berbagai genre dari karya tulis novel, ada romance, horor, komedi, dan lain sebagainya. Tentukan terlebih dahulu genre apa yang Anda suka. Sehingga, akan lebih mudah dalam berimajinasi dan karya tulis semakin maksimal.

2. Susun Kerangka

Setelah menemukan tema yang akan dibuat, langkah selanjutnya adalah menyusun kerangka. Kerangka sangat penting dalam sebuah tulisan. Anda dapat mengikuti pola tulisan melalui kerangka tersebut. Oleh karena itu, cerita yang dibuat menjadi rapi dan tidak keluar dari topik.

3. Alur Cerita Ringan

Alur cerita yang ringan disini maksudnya jalan cerita yang tidak berbelit-belit. Misalnya menggunakan konflik sehari-hari. Untuk itu, Anda perlu mengolah kata dan kalimat yang baik untuk menciptakan cerita dengan bahasa yang bagus dan alur yang runtut.

4. Gunakan Kisah Sendiri

Akan lebih mudah apabila mengangkat kisah sendiri atau kisah orang terdekat Anda. Pilih kisah yang paling diingat dan jadikan cerita itu menjadi unik. Dengan kisah sendiri, Anda tidak perlu kesulitan dalam mengarang serta menyusun kerangka cerita.

5. Percaya Diri

Setelah melalui tips-tips di atas, yang paling utama adalah percaya diri terhadap tulisan Anda. Walaupun masih pertama mencoba, percaya diri harus ditanamkan. Tuangkan segala yang ada dalam pikiran Anda dengan goresan kata yang indah. Dengan begitu, karya akan dikenal oleh orang banyak.

Beberapa tips menulis novel di atas dapat Anda jadikan referensi untuk memulai suatu karya tulis. Perlu banyak pengalaman dalam hal menulis, cek situs kang Mustakim. Untuk mendapatkan pengalaman tersebut, Anda harus sering menuangkan ide pada karya tulis untuk menciptakan sebuah ekstensi yang menarik.

Leave a Comment